Bertahan

Kemampuan bertahan cuma dimiliki sama orang-orang yang tangguh. sama mereka yang mengerti bahwa hidup ga selamanya tentang bahagia. mungkin akan bahagia pada akhirnya, tapi sebelumnya mereka akan dibuat kuat menghadapi segalanya.

Bertahan itu pilihan, tapi orang-orang yang memilih bertahan seberat apapun cobaannya, pasti bukan orang biasa. Hidup mereka dipenuhi keyakinan bahwa besok akan lebih baik dari hari ini, meski kenyataannya kadang tidak demikian. terkadang, sudah yakin berpuluh-puluh kali, yang datang hanya luka demi luka. pengkhianatan demi pengkhianatan. sakit? iya. pasti. tapi orang yang bertahan tentu tau, konsekuensi dari bertahan adalah betapa tidak menyenangkannya terus berprasangka baik,saat dia tau bahwa keburukan terus menerpa, entah kapan akan berakhir.

Kadang, bertahan adalah satu satunya jalan yang harus ditempuh. Ingin menyerah dan pasrah, tapi tak bisa. sebab mereka harus bertahan. b e r t a h a n menjadi satu-satunya jalan untuk melewati fase hidup, sebelum masuk ke fase berikutnya.

Namun, di suatu persimpangan dalam perjalanan bertahan, orang yang bertahan akan banyak menjumpai batu batu sebagai tanda menyerah. Menyerah bukan berarti kalah, menyerah bisa diartikan sebagai cara untuk berusaha mendapatkan yang lebih baik. Menyerah tak selalu berarti kamu lemah, karena kuat lemahnya seseorang, tak berhak di justifikasi oleh siapapun. seseorang bisa jadi terlihat lemah di matamu. tapi siapa sangka? ternyata dia sudah melewati karam dan kerikilnya kehidupan.

Terserah jika kamu rasa kadar hidupmu lebih keras darinya. Tapi hidup ini bukan hanya tentang sudut pandangmu. ada sudut pandang orang lain yang tersusun atas peristiwa peristiwa yang lebih dahulu mereka alami.

contoh:
seseorang bisa berkeringat mengucur meski hanya dibawah terik matahari selama 5 menit, tapi kamu merasa panas setelah 15 menit. kenapa berbeda? sebab selama hidupnya ia tak pernah tanpa AC, atau lingkungannya sejuk. sedangkan kamu, terbiasa pada panasnya kota atau tempat kerja. jadi, apa berkeringat tanda lemahnya seseorang padahal baru 5 menit dibawah terik matahari? tidak. dia hanya tidak terbiasa.

Mereka yang bertahan pun demikian. ada yang bisa bertahan dan mempertahankan selama 5 tahun, ada yang baru 5 bulan sudah tidak kuat. mana yang lebih baik? tergantung bagaimana kita bersikap. tergantung seperti apa kita memahami dan memaklumi bagaimana diri dia di bentuk.

hm
bertahan.
jika keadaan dalam baik baik saja, tentu bertahan tidaklah sulit
tapi bagiku
kita akan paham arti bertahan
ketika keadaan sulit dan semakin sulit
sementara kita terpenjara suatu ikatan
maka kita harus bertahan, demi sebuah tujuan


pun jika pada akhirnya kau memilih menyerah
percayalah
kau sudah bertahan sejauh ini

appreciate yourself
even when no one does
you belong to something great
and something great is waiting
stay in pain for a while
set up your energy and strategy
then fly with a stronger wings
better things are meant for you.
stay strong, baby <3


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta tahu kemana arah pulang

Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode

Abis tren tukeran baju sama pacar, sekarang tren baju dicorat-coret. Besok tren apa lagi, Dek?