Menikah

Ada beberapa hal yang bisa dilengkapi, terserah bagaimana menganggapnya; apakah sebagai kewajiban, atau sebagai pilihan. gw mungkin akan menganggap yang kedua.

Yap, Menikah.

Mungkin ini masih sedikit relate sama tulisan yang sebelumnya tentang "jodoh." saat memutuskan untuk menikah, tentu kita berharap seseorang yang akan bersama kita esok hari dan dimasa depan hingga selamanya, adalah jodoh kita. kalau bisa di dunia dan kehidupan setelah dunia.  tapi, untuk mencapai titik "menikah" pasti banyaaaaaaaaaaaaaak banget rintangan nya, dari batu kerikil sampe batu kali. dan kehidupan setelah menikah itu jauh lebih wow lagi. kalo ada yang ga disuka, gabisa move, gabisa cut or skip, gabisa undo, dan gabisa resign. intinya menurut gw menikah adalah perjalanan panjang kehidupan. ada beberapa point yang menurut gw penting banget tentang menikah:

1. ibadah seumur hidup. 

kenapa ibadah? iya, karena banyak hal tabu yang gaboleh dilakukan sebelum nikah, jadi pahala ibadah kalo dilakukan. enak? iya.  tapi, balik ke ibadah. yang namanya ibadah pasti ada ada aja deh hambatannya. mau solat ngaji aja godaannya banyak banget. apalagi ibadah yang satu ini. seumur hidup non stop.

buat cewe ini jadi hal wajib (atau gw aja deh biar ga mengeneralisasi wkwk). buat gw hal wajib banget milih cowo yang tau dan paham ilmu agama. tau plus paham artinya udah applicable di hidup dia. ga harus sampe taraf ustad sih, gw merasa ga sanggup mengimbangi. seenggaknya bisa membimbing gw solat dan beribadah lebih baik aja. Dan belajar sama -sama jadi lebih baik buat anak cucu kita nanti.

mungkin juga juga sama cowo. dia bakal milih cewe yang seenggaknya bisa dijadikan ibu yang baik. at least tau agama, bisa masak walaupun mie aer telor, pintar (gatau dalam hal pintarnya), dll menurut mereka.  im not a man, tapi kata temen cowo gw mostly bilang gitu. jarang sih kl yang bilang mau yagn cantik tok, pinter tok, atau terbatas sama kekayaan. mungkin ada, gw ga nemu aja kebetulan.  

nah dengan pertimbangan itu, maka perlu kan ya milih biar bisa ibadah bareng-bareng?


2. Saat kita menikah, kita juga menikahkan 2 keluarga asing. 

asing? iya. yang kenal kan cuma gw dan pasangan gw. baru deh ngenalin pasangn kita kek  keluarga masing2. nah point ini yang juga gw pertimbangin buat milih seseorang untuk "menikahi" gw. Andai Allah mengizinkan, gw mau dikasihnya ya cowo dari keluarga baik-baik. ga harus tajir melintir lah kayak ftv, yang penting bisa sama-sama nerima. cause i know, ada sedikit banyak kebiasaan atau budaya di keluarga gw yang mungkin aneh atau ga biasa dilakuin sama keluarga pasangan gw, begitupun sebaliknya. menikahi 2 keluarga itu ya pasti ga gampang, meskipun mungkin ga susah2 amat. so yeah, demi menjaga nama baik orang tua, gw akan memilih pria baik2, dengan keturunan baik juga. heheheh aamiin.

3. Punya anak adalah amanah dunia akhirat!

gw suka anak-anak, tapi masih takut about "how i teach and treat my children?" gils. ini sih yang paling gw takutin dari pernikahan itu sendiri. harus bisa mendidik anak-anak menjadi orang yang jauuuuh lebih baik dari gw dan pasangan gw nanti. itu kan harapan tiap ornag yang menjadi orang tua. kalo jadi anak soleh, pahalanya ngalir ke kita, kalo engga, ya dosanya yang ngalir karna gabisa amanah mendidik anak. 

4. Pada akhirnya, kita butuh teman hidup, bukan temen happy-happy aja

berada di fase menikah, membuat gw harus siap sama baik-buruknya, lebih-kurangnya, kaya-miskinnya, begitupun dia sama gw. menikah itu paket yang paling harus diterima paling ikhlas karena gabisa refund. haha. ga kayak pacaran, ga suka bisa putus, atau kayak kerja, ga suka bisa resign. nikah kan gabisa. bisa sih...tapi kan tujuannya bukan pisah.

oleh sebab itu (cielah), penting banget milih pasangan yang bisa menyesuaikan diri masing-masing. ga egois, meski berantem tapi tetep tujuannya baik, ga berjanji untuk ga saling menyakiti, tapi bagaimanapun keadaan sakitnya, tetap ga pergi. menikah menurut gw butuh apresiasi atas hal-hal sederhana. karna kadang kita lupa.  Dan itu yang bikin kita bisa ilang keromantisannya,  atau sampe lupa caranya "ngobrol" from eyes to eyes, heart to heart. thats why menikah juga ga cukup dengan pilih yang ideal fisiknya atau kantog nya atau agamanya. semuanya harus package as one. 
gw sih berharappp banget bisa jadi partner yang dia anggep pasangan dan teman sekaligus. jadi apapun masalah pasangn gw, dia ga segan nanya tau tuker pikiran atau diskusi sama gw. gw juga begitu. saling ngerasa cukup dan saling beruntung memiliki satu sama lain sih intinya. jadi ga ada tuh kata2 gw lebih dari lo, atau sebaliknya.

5. Punya pasangan dengan mental baja, setia, dan ksatria

Yaaa lo tau lah ini hiperbola abis. ga gitu mksdnya. jujur gw tipikal yang kalo bisa dari bawah, kenapa engga? meansss dari dulu ga kepikiran sih baru nikah udah punya rumah bagus, mobil, barang mewah ,dll. tapi mencontoh kedua orang tua gw, seneng gitu rasanya bisa tau kisah mereka yang saling menguatkan satu sama lain sampe bisa kayak sekarang. penting bagi gw untuk menjadi cewe yang serba bisa, bisa masak sampe bisa benerin bagian rumah yang rusak. atau bisa bantu kerja kl ekonomi lagi ga stabil. dan itu juga yang gw harap ada pada diri pasangan gw juga. pekerja keras. and one day we will say "baby, we did it." karena menikah itu bukanbuat happy-happy aja kayak yang udah gw mention di point nmr 4. 

6. last but not least, entah kenapa gw pengen banget punya pasangan yang lucu dan nyenengin gw. ini  ga general sih, ini individu banget. haha. menurut gw punya pasangan yang lucu itu obat. obat kehidupan yang fana dan kadang rese ini. dan dengan liat dia bertingkah atau mungkin cara ngomong sesuatu ke gw, bisa bikin gw ketawa. bahkan ketika mau romantis tapi jadinya gw malah ketawa. itu tetep romantis sih.haha. karena at the end, masa tua kita dihabikan dengan berbincang, jadi gw mau aja gitu punya pasangan tua bersama yang lucu; seenggaknya dimata gw lucunya. 

anyway, gw gatau apakah ini general buat semuanya atau personal gw aja. tapiii, alasan untuk menikah dengan seseorang menurut gw tergambarkan sedikit lah di tulisan ini. belum menikah bukan berati jual mahal atau ga laku, tapi emang belum waktunya. mungkin kasus gw, karena gw merasa belum dipersatukan sama yang kayak gini. hohoho

menikah itu ibadah, maka pilihlah yang baik dari sisi agamamu. menikah itu berjuang, maka pilihlah yang mampu berjuang bersamamu. menikah itu kebahagiaan. maka pilihlah yang bersedia membagi kebahagiaannya bersamamu. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta tahu kemana arah pulang

Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode

Abis tren tukeran baju sama pacar, sekarang tren baju dicorat-coret. Besok tren apa lagi, Dek?