Abis tren tukeran baju sama pacar, sekarang tren baju dicorat-coret. Besok tren apa lagi, Dek?




Belum kelar postingan di instagram dengan hesteg #tukeranbajusamapacar menjadi hits dikalangan muda mudi se jagat instagram, kali ini aksi corat-coret baju SMA menjadi postingan yang gak kalah naik daun. Pembahasan ini menjadi menarik. Sebab, banyak sekali viral-viral yang muncul pasca peristiwa agung “UN” dilalui adik-adik emesh SMA se-Indonesia. 

Pada dasarnya, mengekspresikan kebahagiaan setelah keluar dari beratnya ujian kehidupan sah-sah aja (maklum, ujian nya udah tingkat nasional). Tapi yang bikin gak sah itu ketika aksi ini menyebabkan banyak kerugian oleh berbagai pihak. Loh? Sopo sing rugi rek? Paling juga ibu bapaknya yang udah beliin baju malah dicoret-coret. 

Itu salah satunya. Kebayang gak sih, sang ibu yang tukang cuciin baju nya, dan bapaknya yang susah payah ngumpulin duit di celengan ayam jago buat beli seragam anaknya. Itu baru yang putih abu, belum lagi seragam muslim nya, seragam olahraganya, pramukanya, dll. Dicuci setiap hari, di jemur, disetrika, dipake lagi. Begitu sampe waktu kurang lebih 3 tahun. Belum lagi kalo si anak demen kotor-kotoran meski sudah SMA, si ibu bakal lebih lama waktu nyuci nya buat ngilangin noda. Dan ketika di hari kelulusan itu baju “dicoret-coret demi alasan mengekspresikan kebahagiaan telah melewati UN” duh dek, opo ora eman duite~

Kedua, tradisi yang saya kira baru sangat-sangat nge trend kembali di tahun ini menghasilkan korban jiwa. Ngeri yo rek. Pasti masih ingat kasus remaja SMA SED memaki polwan yang menilangnya kemudian mencatut nama Jenderal AD sebagai ayahnya. Dalam keterangan yang dimuat diberbagai portal berita, SED melanggar peraturan karna jumlah penumpang dalam mobil nya melebihi kapasitas. Kejadian ini terjadi ketika ia bersama-sama temannya merayakan selesainya UN, tak lupa dengan mencoret baju mereka. Netizen yang gerah melihat kejadian itu, melontarkan berbagai komentar pedas. Singkat cerita, hal ini diketahui ayah kandung SED yang jelas-jelas bukan jenderal dan ketika itu sedang sakit. Beberapa hari kemudian diketahui bahwa ayah SED meninggal dunia karna shock melihat berita tentang anaknya. Kok Ngenes yoooooo..

Tak berhenti disitu, aksi corat-coret baju pasca UN merefleksikan betapa bangsa Indonesia sangat mudah hura-hura sampai lupa bersyukur. Mbok yo lebih baik bajunya disumbangin untuk adik-adik kelas mu yang masih butuh baju toh dek? Jelas, dalam hal ini yang diuntungkan Cuma tukang pilox, sisanya rugi rek rugi~.

Baju  yang dikeciliin sampe super duper kecil (sampe kayak baju SD cuma ganti Bedge SMA), rok yang super duper ketat (sampe ga abis pikir, kalo rok kecil gitu jalannya gimana), berpose bersama genk hits nya, sahabat kepompongnya, atau sama si ayang sambil menunggingkan bagian belakang tubuhnya, monyong-monyongin bibir penuh lippen merah merona atau melet semelet mungin, cekrek-cekrek-cekrek sampe memori hape abis, gak lupa ada yang rok nya dirobek se paha, berpose sebahagia mungkin mencoba mengekspresikan kebahagiaanya pasca UN. Ah dek, aku kok malah ilfeel ya, lantas bertanya pada Tuhan “mengapa bahagiamu bukan bahagiaku juga:”) “ 

Tak berhenti dipose, adik adik emesh juga konvoi ke sekitaran sekolahnya atau keliling kota. di Medan, aksi ini bikin macet jalanan di Medan. Sementara mereka konvoi, beratus-ratus pekerja lagi otewe tempat kerja. Karena ulah konvoi adek-adek, kebayang dong berapa pegawai yang bakal kena damprat si pak bos. Hmmmmm Qu sedih membayangkannya :””)

Meme dari salah satu akun instagram terpopuler berinisial D pun menarik perhatian saya. Dalam salah satu unggahannya, ada meme yang bertuliskan “kamu nomor satu, lulus nomor dua” dengan gambar cowok cewek naek vespa dan terlibat cinta kasih SMA (kayaknya). Padahal kalo gak lulus, si cowok apalagi si cewek bakal nangis meraung dan meronta dalam waktu seminggu bahkan lebih. 

Jika di analisis, kenapa ya budaya corat-coret ini makin marak dikalangan SMA sederajat?
1.      Tradisi dari tahun ke tahun.
Gak bisa dipungkiri, budaya ini emang udah ada bahkan dari sebelum jaman cinta-rangga jadi anak SMA. Setelah itu terjadi kontinuitas budaya sampe saat ini. Budaya tersebut mereka serap dan mereka tiru (di imitasi) oleh adik adik SMA.
2.       Rites of the passage.
Secara gak langsung, aksi corat-coret baju menjadi rites of the passage bagi mereka, yaitu ritus peralihan dimaksudkan untuk “memberitakan” kepada orang lain bahwa mereka baru saja berada di higher step of life. Secara gituu udah selese U-EN :v
3.    Solidaritas kelompok
Mungkin saja, ada diantara mereka yang sebenarnya tidak mau-mau amat ikut corat-coret baju. Namun, pengaruh media yang memperlihatkan bahwa “setelah UN lagi tren corat-coret baju” ditambah teman-temannya yang merencanakan kegiatan tersebut, membuat banyak pelajar SMA yang akhirnya turut dalam euforia corat-coret ini.
4.    Kebutuhan eksistensi diri
Poin ini nyambung sama poin 3. Hal ini mereka lakukan karna adanya kebutuhan akan eksistensi diri yang tinggi di kalangan remaja. Ia ingin dianggap sama dengan teman sebayanya dan tidak ingin di labelling berbeda dari teman-temannya. Makanya, corat-coret baju gapapa, demi eksis(tensi) tjoy :v

Well Jauh dari lubuk hati saya, saya ingin sekali berpesan untuk semua adik-adik emesh tingkat Nasional, mbok yo mikir dek. Ibu bapakmu cari duit susah, nyuci baju capek, kowe corat-coret sepuasnya. Gak inget sebelum UN ngemis-ngemis sama Alloh biar UN nya di mudahin? UN selesai ko malah lupa bersyukur...iki sampean sing kelewat hits opo aku sing kelewat ndeso sebener’e?

Pesen saya yang lain, daripada kowe corat-coret baju, mending persiapin diri buat dunia kampus yang lebih menantang atau dunia kerja yang lebih kejam. Pulang ke rumah, cium tangan emak, minta restu buat lanjutin kehidupan #tsah :3

Satu pertanyaan dan curhatan saya ini datang sebagai mahasiswa tingkat akhir yang mulai otw sibuk sekripswitan. Itu yang pada corat-coret baju, belum pernah ngerasain skripsi nya dicorat-coret dosen ya?sakit deeekk sakittttt....

image source :
http://www.beritajalanan.com/wp-content/uploads/2015/05/IMG_20150515_112836.png
google image 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cinta tahu kemana arah pulang

Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode